Senin, 06 Oktober 2008

Kuantitas dan Kualitas Tidurpun Berpengaruh Terhadap Berat Badan dan Kesuksesan Program diet Anda

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, kuantitas dan kualitas tidur penting untuk diperhatikan karena kesuksesan program diet Anda dipengaruhi oleh masalah tersebut. Kebanyakan orang menganggap apabila seseorang banyak tidur akan menggagalkan program diet yang sedang dijalankan karena akan mempercepat penambahan berat badan & mengakibatkan kegemukan begitu juga sebaliknya bila sedikit tidur mempercepat penurunan berat badan. Jumlah jam tidur memang berpengaruh kepada peningkatan atau penurunan berat badan tapi kurang tidur tidak selalu mengakibatkan penurunan berat badan. Seseorang yang stress atau banyak pikiran hingga kurang tidur karena justru akan mengalami kelebihan berat badan alias menjadi gemuk.

Ketika seseorang mendapat beban pikiran hingga kurang tidur terancam menadi gemuk. Mengapa demikian ? Terdapat suatu hormon yang dinamakan Cartisol yang fungsinya mengatur selera makan. Bersama dengan Adrenalin hormon ini berperan dalam menambah maupun mengurangi berat badan. Adrenalin meningkatkan metabolisme tubuh dan Cartisol mengefektifkan tekanan pada glukosa yang menyebabkan peningkatan produksi protein yang akhirnya membuat energi bertambah. Ketika energi tersebut dapat disalurkan tidak menyebabkan masalah berat badan. Tapi bila tidak tersalurkan akan menyebabkan penimbunan energi dalam tubuh. Inilah yang mengakibatkan peningkatan berat badan.

Ketika seseorang sedang mengalami tekanan terjadi juga tekanan pada ginjal yg menyebabkan lebih banyak melepaskan Adrenalin dan Cartisol. Proses tersebut mengakibatkan mudah lapar & cenderung ingin makan. Keinginan untuk makan ini jika tidak dimanage dengan baik akan mengakibatkan cenderung mengkonsumsi lebih banyak makanan ditambah lagi sa'at seseorang mengalami tekanan pikiran akan cenderung tidak dapat tidur nyenyak hingga sering merasa capek dan pada akhirnya kurang gerak. Jika ini tidak segera teratasi mengakibatkan penumpukan kalori dalam tubuh yg pada akhirnya menyebabkan peningkatan berat badan.

Dengan demikian jika Anda ingin berat badan Anda turun atau Anda sedang menjalani program diet sangat perlu untuk mewaspadai masalah tersebut. Karena jika tidak diwaspadai tentunya mengurangi efektifitas program diet yg sedang dilakukan & bisa-bisa mungkin berat badan anda akan meningkat. Untuk itu hindari hal-hal yang menyebabkan stress & selalu berusaha untuk cukup tidur dan nyenyak ketika tidur.

Tidak ada komentar: