Sabtu, 04 Oktober 2008

Tips Menurunkan Berat Badan (Program Diet Praktis)

Makanan dan minuman yang kita santap merupakan faktor utama yang mempengaruhi berat badan kita. Makanan dan minuman tersebut mengandung kalori yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Kumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh idealnya adalah seimbang dengan aktivitas yang dilakukan. Apabila jumlah kalori yang masuk lebih kecil dari aktivitas yang dilakukan menyebabkan tubuh lemah. Tetapi apabila jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh jauh lebih besar dari kebutuhan untuk aktivitas keseharian menyebabkan kalori yang tidak terpakai tersebut tertimbun di dalam tubuh. Timbunan kalori tersebut yang pada akhirnya menyebabkan seseorang kelebihan berat badan. Ketika kelebihan berat badan inilah seseorang perlu untuk menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan yang berlebihan.

Karena berat badan yang berlebihan disebabkan karena tumpukan kalori maka prinsip utama untuk menurunkan berat badan ( melakukan program diet ) adalah dengan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh atau bisa juga dengan membakar kalori yang tertimbun tersebut. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan berat badan atau Anda jadikan program diet Anda. Tips-tips yang kita bahas ini merupakan caramenurunkan berat badan secara alami yang apabila dilaksanakan dengan disiplin dan teratur sangat efektif untuk menurunkan berat badan hingga didapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Cukup Minum Air Putih
Air sangat berperan dalam mensukseskan program diet yang dijalankan. Tubuh kita sebagian besar tersusun dari air. Air membantu ginjal dalam membuang racun-racun ke luar dari tubuh. Disarankan untuk minum sehari 8-10 gelas air putih. Dan minuman yang dilarang demi kesuksesan diet kita adalah Alkohol, karena alkohol akan cenderung membantu badan untuk menyimpan lemak dengan memperlambat proses metabolisme dalam tubuh sehingga akan menghambat upaya menurunkan berat badan yang sedang dilakukan.

Kurangi Mengkonsumsi Makanan Berlemak Jenuh
Faktor utama penyebab berat badan yang berlebihan adalah lemak jenuh. Lemak jenuh banyak terdapat dalam makanan yang kita santap sehari-hari. Untuk itu disarankan untuk menghindari makanan pencuci mulut seperti es cream karena jenis makanan pencuci mulut seperti ini sangat mengandung lemak tak jenuh yang mengancam upaya menurunkan berat badan yag dilakukan. Tapi tidak semua produk yang mengandung susu tidak bagus untuk program diet. Produk-produk susu rendah kalori seperti yogurt sangat bagus karena mengandung protein yang bagus yang akan membantu menekan keinginan untuk makan secara alami.

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3
Omega 3 meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan mencegah penggumpalan darah. Makanan yang mengandung Omega 3 sangat bagus untuk kesehatan jantung dan upaya menurunkan berat badan sehingga banyak disarankan untuk dikonsumsi ketika sedang menjalankan program diet. Contoh makanan yang kaya akan Omega 3 adalah ikan makarel, salem dan sarden.

Makan Sedikit Tapi Sering
Makan empat atau lima kali sehari dalam porsi kecil akan membantu menurunkan berat badan sehingga sangat bagus dijadwalkan dalam program diet kita. Dan akan lebih sempurna lagi bila kita makan makanan yang banyak mengandung serat (sayur-sayuran). Makanan yang mengandung banyak serat akan lebih mengenyangkan dan lebih lama tercerna. Selain itu ketika masuk kedalam tubuh akan menyerap lemak hingga mengurangi lemak yang tercerna. Dengan demikian sayur-sayuran menjadi menu utama dalam program diet. :-D

Konsumsi Makanan Yang Menggunakan Bumbu Dapur
Bahan-bahan makanan lain yang sangat berguna untuk mensukseskan program diet adalah bumbu dapur seperti mostar, jahe, lada, cengkeh, kayu manis dll. Bumbu-bumbu seperti ini membantu kita mengurangi keinginan akan makanan berkalori tinggi seperti gula, sehingga secara tidak langsung membantu menurunkan berat badan dan mensukseskan program diet yang kita jalankan.

Tidak ada komentar: